M anusia merupakan makhluk Allah yang seringkali berbuat khilaf dan salah yang akhir berujung pada perbuatan yang mengakibatkan dosa (melanggar aturan Allah Ta’ala). Pepatah Arab mengatakan, Al-Insanu Mahalul Khoto wan Nisyan, manusia itu tempatnya salah dan lupa.

Hendaklah kita sebagai manusia menyadari diri dan senantiasa berusaha berbuat baik dan menjalankan perintah Allah serta menjauhi larangannya, baik larangan yang menghasilkan dosa besar maupun larangan yang berdosa kecil. Berikut ini akan dibahas amalan-amalan penghapus dosa-dosa yang telah kita perbuat.

 

  1. Diantara amalan yang mampu menghapus dosa kecil yaitu: Shalat 5 waktu, Shalat Jum’at dan Puasa Ramadhan.
  2. Untuk dosa besar maka dihapus dengan taubat khusus sesuai dengan dosa besar yang ia perbuat.
  3. Amal yang paling mulia dalam islam adalah shalat, jadi jika shalat 5 waktu tidak bisa menghapuskan dosa besar apalagi amalan yang lain.

Cara menghapus dosa-dosa kecil:

  1. Taubat
  2. Sejumlah amal shaleh yang berkualitas
  3. Ampunan dari Allah di hari kemudian

Cara menghapus dosa besar ada 2 cara, yaitu:

  1. Taubat yang sungguh-sungguh
  2. Rahmat dan Ampunan Allah di hari kiamat.

Tidak ada yang bisa menjamin bahwa amalan kita diterima oleh Allah, oleh karena itu kita tidak boleh jumawa dengan amalan yang telah kita lakukan. Selain dua hal diatas terdapat amalan penghapus dosa-dosa dengan cara yang lain, yakni:

  1. Berwudhu secara sempurna walau dalam kondisi yang sulit.
  2. Setiap langkah ke masjid.
  3. Menunggu shalat ke shalat yang lain.

Ulama mengatakan bhwa 3 amalan diatas adalah amalan yang bisa menghalangi orang dari keinginan buruk dan kemaksiatan. siapapun yang ingin melihat Allah hendaklah jangan menjadi orang-orang yang kalah akan hawa nafsu dan selalu membentengi diri dengan perbuatan-perbuatan kebaikan. Wallahu’alam.

Sumber: Kajian rutin (Kitab Syarah Riyadhus Sholihin) Ustad Aris Munandar, M.PI. setiap hari senin malam (bada maghrib menjelang isya) di Masjid Al-Hidayah Purwosari.