Kajian Ustadz Asdi Nurcholis, Lc.

Kajian Rutin Setiap Selasa Malam

 

A bu Ubaidah bin Jarrah merupakan sahabat dari kalangan Muhajirin dan termasuk dalam sahabat yang pertama kali masuk Islam. Beliau dijuluki oleh Rasulullah sebagai “orang terpercayanya ummat ini”. Abu Ubaidah pernah memimpin pasukan yang didalamnya ada Abu Bakar dan Umar bin Khattab. Abu Ubaidah adalah orang yang pertama kali disebut oleh Rasulullah sebagai “Panglima Besar” walaupun perawakannya kurus dan janggutnya tipis akan tetapi beliau memiliki kewibawaan. Salah satu ciri khas dari Abu Ubaidah adalah kedua gigi serinya ompong karena menolong mencabut rantai dari pipi Rasulullah ketika perang Uhud. Abu Ubaidah juga diantara sahabat yang membunuh ayahnya sendiri ketika perang Badar.

Abu Ubaidah adalah orang yang pertama kali disebut oleh Rasulullah sebagai “Panglima Besar” walaupun perawakannya kurus dan janggutnya tipis akan tetapi beliau memiliki kewibawaan..

Abu Ubaidah masuk Islam melalui perantara Abu Bakar di awal masa kenabian. Katika Rasulullah wafat Abu Ubaidah dipercaya untuk mendampingi Abu Bakar dan Umar bin Khattab dalam pemerintahannya. Abu Ubaidah pernah memimpin ekspedisi dengan personil sekitar 300an pasukan dengan perbekalan hanya sebakul kurma. Hal ini menunjukkan bagaimana semangat sahabat menerima amanah Rasulullah walaupun dengan kondisi seadanya. Ketika Rasulullah masih hidup beliau mengirim Abu Ubaidah sebagai dai ke kota Najran untuk berdakwah dan mengajarkan Islam ke daerah tersebut. Abu Ubaidah meninggal karena terserang penyakit Tho’un di negeri Syam.